Doraemon vs Harry Potter

Di Indonesia lebih familiar dengan tokoh fiksi Doraemon. Tokoh Fujiko F. Fujio yang berasal dari Jepang ini selain ditayangkan setiap Minggu pagi, Doraemon juga sangat menggemaskan. Kucing gendut dengan warna biru mudanya. Sementara itu ada Harry Potter, tokoh fiksi ciptaan J.K Rowling yang berasal dari Inggris. Harry Potter lebih alami, berbentuk manusia dan diperankan oleh manusia, sementara Doraemaon sendiri adalah tokoh kartun yang berbentuk animasi.
Kenapa aku membandingkan Doraemon dan Harry Potter? Keduanya adalah tokoh fiksi favoritku. Aku sering berkhayal berada didunia mereka dan memiliki barang-barang yang ada didunia mereka. Di dunia Doraemon ada Pintu kemana saja, Mesin waktu, Senter pengecil, dan berbagai alat ajaib yang diciptakan dari masa depan. Sementara di Harry Potter, tentu saja yang menjadi favorit adalah tongkat sihir yang bisa melakukan banyak hal, bubuk floo, sapu terbang, dan lainnya. Berikut akan kita ulas antara Doraemon dan Harry Potter.
Alat Doraemon berasal dari masa depan yang dibawa ke masa kini. Disimpan didalam kantong kecil yang diletakkan di perut gembul Doraemon. Banyak barang menarik yang bisa menjadi pilihan. Pilihanku adalah, pintu kemana saja. Ingin rasanya kemana-mana tidak perlu menggunakan kendaraan. Selain aku tipe mabuk perjalanan, menggunakan kendaraan akan memakan waktu dan biaya yang banyak. Bayangkan saja jika aku ingin bertemu keluarga di Medan sementara aku ada di Medan. Dengan pintu kemana saja, cukup buka pintu sudah bisa bertemu mereka. Jika dengan kendaraan, menghabiskan biaya minimal Rp. 1jt dan waktu 6 jam (termasuk transit). Pintu kemana saja ini juga akan membantu pasangan-pasangan yang LDR.
Selain pintu kemana saja, ada mesin waktu. Kita bisa kemana saja di masa lalu atau masa depan sesuai dengan keinginan kita. Ada juga alat-alat lain yang menawarkan kemudahan. Hidup akan berasa lebih mudah dengan alat-alatnya Doraemon. Kekurangannya adalah, alat Doraemon sering mengalami kerusakan. Perawatannya juga tidak mudah, karena terbuat dari bahan yang canggih. Harga perawatannya juga tidak murah, dan harus pesan dulu jauh-jauh hari ke masa depan.
Alat Harry Potter? Keseluruhan berasal dari ciptaan masa kini tergantung dari kebutuhan. Favorit saya tentu saja tongkat sihir. Asal melafalkan mantra yang sesuai, maka apa yang kita inginkan bisa tercapai. Pekerjaan rumah bisa beres, kacamata yang pecah bisa utuh lagi, berpindah tempat, bahkan mengutuk orang juga bisa. Ada juga sapu terbang, kendaraan di dunia sihir. Hanya saja sapu terbang agak ribet dikarenakan membutuhkan waktu dan tentu saja harganya mahal (menurut keterangan di buku). Yang menjadi impianku adalah, batu bertuah. Dengan batu bertuah, kita bisa panjang umur. Memiliki batu bertuah dan tongkat sihir, nikmat apalagi yang kau dustakan kawan?

Jika disuruh memilih antara alat Doraemon dan Harry Potter, aku lebih memilih alat Harry Potter karena cenderung simple dan tidak terlalu banyak pilihan. Misalkan saja, dengan memiliki tongkat sihir kita sudah bisa melakukan berbagai hal. Kalau kamu, lebih memilih Doraemon atau Harry Potter? Apa favoritmu?