Gereja Blenduk (GPIB Immanuel), Semarang

                


                Kalau ditanya GPIB (Gereja Protestan Indonesia bagian Barat) Immanuel, mungkin hanya sebagian orang yang tau. Namun jika ditanya Gereja Blenduk banyak orang yang tau. Gereja yang terletak di Kota Semarang, jawa Tengah tepatnya di kawasan Kota Tua ini memang sangat mempesona. Bentuk atapnya yang membentuk kubah maka disebut dengan Blenduk. Gereja blenduk merupakan gereja tertua di Jawa Tengah. Gereja ini berdiri sejak masa pemerintahan kolonial Belanda tepatnya pada tahun 1753.
                Gereja ini menempati area seluas 100 meter persegi, memiliki dua lantai di dalamnya. Lampu gantung menghiasi bagian dalam gereja ini jika Anda masuk kedalam melewati Pintu masuk gereja yang berbentuk lengkung di atasnya. Interior yang cantik juga menjadi aksen yang menarik bangunan bagian dalam gereja ini. Tipe jendela gereja ini pun terdapat dua jenis yaitu jendela yang bedaun krepyak dan satu lagi berbingkai. Gereja Blenduk sudah beberapa kali mengalami renovasi, namun keindahan bangunannya tetap menjadi daya tarik Gereja ini.

                Bagi saya, jika ada teman atau kerabat yang berkunjung ke kota Semarang, sangat tidak lengkap jika tidak diajak ke Gereja Blenduk. Untuk sekedar menikmati keindahan bangunannya, atau klasiknya bangunan di sekitar Gereja tersebut. Dan masih banyak bangunan tua yang layak dinikmati keindahannya. Hanya saja Pemerintah Kota Semarang kurang memperhatikan potensi tersebut. Bisa saja sebutan Kota Semarang ‘Venice van Java’ kembali berjaya lagi.